Pembelajaran Unik dan Menarik Menggunakan Model PBL (Problem Based Learning) Pada Materi Narrative Text
By. Luluk Jazila, S.Pd.Gr.
Pada mata pelajaran bahasa Inggris, materi narrative text sering kali diajarkan dengan menggunakan metode Problem Based Learning. Metode ini melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dengan memberikan situasi atau masalah yang harus mereka pecahkan melalui pemahaman dan analisis terhadap teks naratif. Dalam pembelajaran dengan metode Problem Based Learning, guru akan memperkenalkan sebuah cerita naratif kepada siswa. Cerita ini biasanya mengandung konflik atau masalah yang harus dihadapi oleh tokoh utama. Siswa kemudian diberikan tugas untuk menganalisis cerita tersebut, mengidentifikasi konflik utama, karakteristik tokoh, serta alur cerita. Setelah memahami cerita, siswa akan diberikan sebuah masalah terkait dengan cerita tersebut. Misalnya, mereka diminta untuk mencari solusi bagi tokoh utama dalam menghadapi konfliknya, atau mengidentifikasi pelajaran moral yang dapat dipetik dari cerita tersebut. Siswa akan bekerja secara individu atau dalam kelompok untuk mencari jawaban atau solusi atas masalah yang diberikan. Selama proses pembelajaran, guru akan berperan sebagai fasilitator yang membantu siswa dalam menjawab pertanyaan atau menyelesaikan masalah yang ada. Mereka juga akan memberikan panduan dan arahan yang diperlukan untuk memastikan pemahaman siswa terhadap materi narrative text.
Model Problem Based Learning dalam pembelajaran narrative text memiliki beberapa keunggulan. Pertama, siswa diajak untuk berpikir kritis dan menganalisis cerita secara mendalam. Mereka harus mengidentifikasi permasalahan dan mencari solusi yang tepat. Kedua, metode ini memungkinkan siswa untuk belajar secara aktif dan kolaboratif, sehingga meningkatkan motivasi dan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Ketiga, siswa akan lebih mudah mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari, karena mereka harus mencari solusi yang relevan dengan konteks cerita. Dengan menggunakan Model Problem Based Learning, pembelajaran narrative text menjadi lebih menarik dan bermakna bagi siswa. Mereka tidak hanya belajar tentang struktur dan unsur-unsur teks naratif, tetapi juga belajar untuk memecahkan masalah dan mengambil pelajaran dari cerita yang mereka baca.
Skenario Pembelajaran
Materi Narrative Text dengan Media Video Cerita Peacock and Crane
Tahap 1
Pendahuluan
- Guru memperkenalkan cerita Peacock and Crane dalam bentuk video kepada siswa dan meminta mereka untuk menonton cerita tersebut. ·
- Setelah menonoton video, siswa diminta untuk berdiskusi dalam kelompok kecil tentang konflik utama dalam cerita dan karakteristik tokoh utama. Mereka juga diminta untuk mencatat hal-hal yang menarik atau menggelitik perhatian mereka dari cerita tersebut.
Tahap 2
Identifikasi Masalah
- Guru membagikan sebuah masalah kepada siswa: “Peacock and Crane” menghadapi banyak kesulitan dalam cerita ini. Bagaimana menurutmu dia bisa mengatasi masalah-masalah yang dihadapinya?”
- Siswa diminta untuk berpikir secara individu atau dalam kelompok tentang solusi yang mungkin untuk setiap masalah yang dihadapi oleh “Peacock and Crane”. · Setelah mereka mencatat solusi mereka, mereka diminta untuk memilih satu masalah yang menurut mereka paling penting dan menentukan solusi terbaik untuk masalah tersebut.
Tahap 3
Penyusunan Solusi
- Siswa diminta untuk menyusun solusi mereka dalam bentuk narasi pendek, menggambarkan bagaimana “Peacock and Crane” mengatasi masalah yang dihadapinya.
- Mereka juga diminta untuk menulis pelajaran moral yang dapat dipetik dari cerita ini.
Tahap 4
Presentasi dan Diskusi
- Setelah menyusun narasi pendek dan pelajaran moral, siswa diminta untuk mempresentasikan solusi mereka kepada kelas.
- Setiap kelompok akan mempresentasikan solusi dan pelajaran moral mereka.
- Setelah presentasi, siswa lain diberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan, bertanya, atau memberikan alternatif solusi.
Tahap 5
Refleksi
- Guru memfasilitasi diskusi refleksi tentang pembelajaran yang telah dilakukan.
- Siswa diminta untuk berbagi pengalaman mereka dalam menggunakan metode Problem Based Learning untuk mempelajari materi narrative text.
- Guru memberikan umpan balik dan menekankan poin-poin penting yang dipelajari dalam kegiatan tersebut.
Dengan skenario pembelajaran di atas, siswa akan terlibat aktif dalam memahami dan menganalisis cerita “Peacock and Crane”. Melalui metode Problem Based Learning, mereka akan belajar untuk berpikir kritis, mencari solusi, dan mengambil pelajaran moral dari cerita tersebut. Selain itu, siswa juga akan meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan kerja sama dalam kelompok.