PEMBELAJARAN YANG MENGGERAKKAN EKONOMI KREATIF, LATIH JIWA WIRAUSAHA SISWA
Oleh: Lisa Novianti, S.Pd
Guru Mapel IPS
Alasan mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia dan dikenalkan dalam muatan mata pelajaran sekolah menengah?
karena mampu menciptakan iklim bisnis yang terbilang sangat positif. Sebenarnya ekonomi kreatif ini menjadi suatu kegiatan di bidang ekonomi yang cenderung baru, namun sudah banyak digunakan oleh kalangan masyarakat dalam menghasilkan produk.
Dalam materi IPS terpadu kali ini, siswa diberikan kebebasan menghasilkan karya kreatif dengan memilih subsektor ekonomi kreatif yang ada. Dari 17 sub sektor ekonomi kreatif, sub sektor unggulan kriya atau kerajinan tangan dan desain banyak diminati oleh siswa-siswi MTs Miftahul Midad.
Alhamdulillah, Karya-karya yang dihasilkan sangat kreatif dan penuh estetika serta bernilai jual yang sangat menjanjikan. Banyak peminat dari karya yang mereka hasilkan. Ada sepatu batik, lampu dinding dari bahan bekas, serta kesenian wayang.
Untuk mengenalkan produk yang sudah dihasilkan, siswa siswi juga belajar startegi marketing di era globalisasi. Mereka memanfaatkan media sosial dan jejaring yang ada. Bagi siswa yang bermukim atau nyantri, biasanya mendisplay produk saat acara pondok pesantren berlangsung, seperti pada waktu Haul Pengasuh, Haflah Akhir Sanah, dll
Harapan guru pengampu mata pelajaran, Semoga kedepan para siswa siswi memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi serta mampu bersaing di era globalisasi dengan pengalaman belajar di madrasah yang telah dilakukan selama ini.