
MTs Miftahul Midad mengikuti pendampingan EDM – Erkam & Evaluasi Program Gema Berbaris.

Lumajang, 30 September 2025 – Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan madrasah, pengawas bina MTs Miftahul Midad melaksanakan pembinaan terkait Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Rencana Kerja Anggaran Madrasah berbasis elektronik (e-RKAM). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya penguatan tata kelola, perencanaan, serta manajemen madrasah agar berjalan secara efektif, efisien, dan akuntabel. Kegiatan Ini diikuti Oleh seluruh TPM Dibawah Kepengawasan Ibu Hj Istiqomah, S.Ag. MA Se-Kecamatan Sukodono. Pengawas bina memiliki peran strategis dalam memastikan bahwa seluruh tahapan penyusunan EDM dan e-RKAM berjalan sesuai pedoman. Dalam pembinaan yang dilaksanakan Oleh Ibu Hj. Istiqomah, S.Ag. MA Beliau menekankan beberapa poin penting, antara lain: Pemahaman Konsep – Guru dan tenaga kependidikan diberikan penjelasan mendalam terkait fungsi, prosedur, dan indikator EDM serta tata cara penggunaan aplikasi e-RKAM. Pendampingan Teknis – Tim madrasah didampingi secara langsung dalam mengisi instrumen EDM dan menyusun rencana kerja melalui e-RKAM. Penguatan Akuntabilitas – Pengawas menegaskan pentingnya keterbukaan dalam pengelolaan anggaran agar sesuai dengan prinsip transparansi dan akuntabilitas publik. Monitoring dan Evaluasi – Hasil dari EDM dijadikan dasar untuk penyusunan rencana strategis madrasah, yang kemudian dimonitoring secara berkala oleh pengawas. Melalui kegiatan pembinaan ini, diharapkan MTs Miftahul Midad mampu: Meningkatkan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan dalam tata kelola administrasi. Menyusun perencanaan berbasis data yang valid dan akurat. Mengoptimalkan penggunaan anggaran untuk mendukung prioritas peningkatan mutu. Memiliki program kerja yang terarah, berkelanjutan, serta selaras dengan visi misi madrasah. Dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran bahasa asing di madrasah, Pengawas bina Hj. Istiqomah, s.Ag. MA melaksanakan evaluasi terhadap program Gerakan Berbahasa Inggris dan Bahasa Arab di Wliayah beliau se-kec.Sukodono. Program ini merupakan salah satu upaya madrasah untuk menumbuhkan budaya komunikasi aktif serta meningkatkan kompetensi peserta didik dalam keterampilan berbahasa global maupun bahasa agama.. Evaluasi program Gerakan Berbahasa Inggris dan Arab oleh pengawas bina menjadi bagian penting untuk memastikan keberlangsungan program secara efektif. Dengan adanya perbaikan berkelanjutan, diharapkan dapat melahirkan generasi peserta didik yang terampil berkomunikasi, berdaya saing global, sekaligus tetap menjaga identitas keislaman melalui penguasaan bahasa Arab

