KEGIATAN LITERASI SEBAGAI TUGAS AKHIR KELAS 9 TP. 2025-2026: MENUMBUHKAN BUDAYA BACA DAN TULIS MELALUI ESAI

08 Oktober 2025 -Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas literasi siswa, Madrasah Tsanawiyah Miftahul Midad telah menetapkan kegiatan literasi berupa penulisan esai sebagai tugas akhir kelas 9. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat bulan, terhitung mulai bulan September hingga Desember 2025, dan menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran dan evaluasi akhir siswa sebelum melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya.
Kegiatan literasi ini dirancang untuk dilakukan secara berkala setiap dua minggu sekali. Dalam rentang waktu tersebut, siswa mengikuti tahapan-tahapan penulisan esai yang telah ditentukan oleh Madrasah Tsanawiyah Miftahul Midad, mulai dari pemilihan topik, penyusunan kerangka tulisan, pengumpulan referensi, penulisan draf awal, revisi, hingga penyusunan naskah akhir dan presentasi.
Setiap tahap pelaksanaan tidak hanya menjadi ajang menuangkan ide dan pemikiran siswa, tetapi juga menjadi momen pembelajaran aktif melalui bimbingan yang intensif. Siswa dibimbing secara langsung oleh pendamping masing-masing—baik itu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia maupun guru pembimbing yang telah ditunjuk—untuk memastikan bahwa proses literasi berjalan sesuai arah dan tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Evaluasi dilakukan di setiap tahapan untuk melihat perkembangan kemampuan menulis siswa, baik dari segi struktur tulisan, kedalaman isi, keterpaduan antar paragraf, hingga kemampuan siswa dalam menyampaikan gagasan secara logis dan sistematis. Dengan adanya evaluasi rutin, pendamping dan siswa dapat bersama-sama memperbaiki kekurangan yang ada dan mendorong peningkatan kualitas tulisan secara berkelanjutan.
Puncak dari kegiatan ini adalah penilaian akhir yang mencakup dua komponen utama, yaitu hasil tulisan esai dan penampilan presentasi siswa. Hasil tulisan akan dinilai berdasarkan aspek kebahasaan, logika berpikir, struktur tulisan, dan orisinalitas gagasan. Sementara itu, presentasi menjadi ajang bagi siswa untuk mempertanggungjawabkan isi tulisannya di depan guru dan teman-teman, sekaligus melatih kemampuan komunikasi dan rasa percaya diri. Melalui kegiatan literasi ini, Madrasah Tsanawiyah Miftahul Midad berharap dapat menumbuhkan budaya literasi yang kuat dalam diri siswa. Tidak hanya sekadar memenuhi tugas akhir, tetapi juga menjadi proses pembentukan karakter yang berpikir kritis, kreatif, dan mampu menyampaikan ide secara efektif. Dengan bimbingan yang berkelanjutan dan evaluasi yang konstruktif, kegiatan ini menjadi langkah konkret dalam mewujudkan generasi muda yang cakap literasi dan siap menghadapi tantangan masa depan. Ida Muslikhati, S.Pd selaku sekertaris Tim Literasi

